Fasilitas

Daftar Ruangan/Gedung

Unsika memiliki dua lahan kampus, dimana lokasi pertama berada di Jl. H.S. Ronggowaluyo, Kecamatan Teluk Jambe Timur seluas ± 4 ha yang merupakan lokasi utama kegiatan belajar mengajar saat ini (kampus I). Lokasi kedua berada di di Jl. Lingkar Tanjungpura, Kecamatan Majalaya seluas ± 30 ha yang merupakan lokasi pengembangan kampus II Unsika.

Sarana dan prasarana di kampus utama UNSIKA hingga tahun 2019 terdiri dari beberapa gedung dengan masing-masing peruntukannya, yaitu:

  1. Gedung rektorat dan fakultas untuk kantor dan layanan administrasi seluas 7.116 m2 (Gambar 2.1). Gedung rektorat menyediakan 5 ruang kantor untuk Rektor; Wakil Rektor Bidang Akademik; Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Kepegawaian; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni; Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat; dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu.
  2. Gedung kuliah bersama, terdiri dari 1 aula dan 106 ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar seluas 23.569 m2. Gedung aula juga diperuntukkan sebagai ruang seminar. 
  3. Perpustakaan pusat seluas 1.002 m2 untuk meningkatkan minat baca dan kelimuan mahasiswa serta dosen di lingkungan UNSIKA. Koleksi buku di perpustakaan pusat sebanyak 17.804 buku dan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Selain itu, Unsika juga telah mengembangkan perpustakaan digital yaitu digilib UNSIKA berbasis android sehingga mahasiswa lebih mudah mengakses seluruh koleksi buku yang ada.

Fasilitas umum seperti masjid dan klinik kesehatan yang masing-masing digunakan untuk kegiatan keagamaan dan layanan kesehatan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Selain itu, UNSIKA juga memiliki fasilitas umum untuk olahraga yaitu lapangan basket, futsal, dan voli. 

Daftar Nama Laboratorium

Laboratorium dasar yang terdiri dari laboratorium kimia dan fisika serta mikrobiologi luas masing-masing 81 m2. Laboratorium dasar memiliki laboratorium komputer dengan luas total 660 m. Laboratorium tersebut akan digunakan untuk 6 jenis praktikum, yaitu:

1.Fisika Dasar, akan menggunakan Laboratorium Ilmu Dasar di Fakultas Teknik.

2.Fisika Lingkungan, akan menggunakan Laboratorium Kimia dan Fisika di Universitas.

3.Kimia Dasar, akan menggunakan Laboratorium Kimia dan Fisika di Universitas.

4.Kimia Lingkungan, akan menggunakan Laboratorium Kimia dan Fisika di Universitas.

5.Mikrobiologi Lingkungan, akan menggunakan Laboratorium Mikrobiologi di Universitas. 6.Laboratorium Lingkungan, untuk sementara direncanakan akan menggunakan Laboratorium