Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran

Daftar Profil Lulusan

Kesempatan yang terbuka luas bagi sarjana teknik lingkungan baik di sector public maupun swasta. Karakteristik Prodi S1 TL UNSIKA yang terletak pada pembelajaran suatu cabang ilmu/metode teknik yang merencanakakan dan merancang secara optimal dan aman suatu industri dalam hal untuk melestarikan lingkungan melalui transformasi ilmu lingkukngan, menjadi rekayasan teknologi yang bernilai ekonomis, social dan berwawasan ramah lingkungan. Oleh sebab itu, tujuan dari Prodi TL adalah menghasillkan lulusan yang memiliki kemampuan/kompetensi sebagai berikut:

  1. Menerapkan ilmu teknik lingkungan yang diperoleh untuk merancang, menganalisa problematikan lingkungan pada industry dan institusi terkait.
  2. Memahami dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi baik secara nasional maupun internasional
  3. Mengembangkan kepemimpinan dan penumbuhan rasa etika professional serta integritas kepribadian serta integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana teknik lingkungan
  4. Menghadapi dan mencari solusi atas permasalahan dalam profesinya sebagai sarjana teknik lingkungan
  5. Mengembangkan budaya bekerja secara mandiri maupun bekerjasama dalam tim yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu.

Terkait dengan lokasi UNSIKA yang berada di wilayah Kawasan industri terbesar di Asia Tenggara menjadi salah satu faktor pertimbangan utama dalam penentuan keunikan program studi dan profil lulusan. Berdasarkan hasil survey, studi banding, focus group discussion bersama komunitas dan berbagai pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal yang dilakukan oleh UNSIKA maka Program Studi S-1 Teknik Lingkungan diarahkan ke 4 (empat) bidang keahlian. Bidang keahlian yang dimaksud adalah Sanitasi Lingkungan, Manajemen Teknologi Lingkungan, Rekayasa Proses dan Teknologi Lingkungan, dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Keempat bidang keahlian tersebut telah mewakili kebutuhan tenaga ahli lingkungan secara nasional, dan industri-industri di Kota Karawang secara khusus. Dengan demikian, para mahasiswa setelah menempuh pembelajaran sebanyak 144 sks di Program Studi S-1 Teknik Lingkungan UNSIKA mampu memiliki kemampuan professional sehingga sebagai:

1. Ahli perancangan dan rekayasa bidang teknik lingkungan.

2. Ahli K3.

3. Pengambil kebijakan dalam bidang lingkungan.

4. Teknopreneur dalam bidang lingkungan.

5. Akademisi dan peneliti.

Kurikulum yang berlaku saat ini di  Prodi TL UNSIKA adalah kurikulum kampus merdeka 2020 yang merupakan pengembangan, revisi, dan penyempurnaan dari kurikulum 2019. Revisi dan penyempurnaan kurikulum secara keseluruhan telah dibahas dalam rapat koordinasi pimpinan FT UNSIKA dengan semua program studi terkait, dengan memperhatikan masukan dari stakeholder dan mengacu pada konsep life-long learning. Selanjutnya program studi membahasa prosedur dan langkah-langkah revisi dan penyempurnaan yang telah digariskan bersama di dalam rapat-rapat internal program studi.

Kompetensi lulusan sarjana yang diharapkan dari Prodi TL UNSIKA telah dirumuskan berdasarkan kombinasi dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN DIKTI No.44 2015) dan profil kerja lulusan program sarjana teknik lingkungan. Kompetensi lulusan sarjana diharapkan telah mencerminkan kebutuhan professional di bidang teknik lingkungan yang diperlukan oleh pemangku kepentingan. Kompetensi lulusan sarjana yang berdasarkan KKNI terdiri dari empat kerangka, yaitu :

1) Sikap (etik),

2) Pengetahuan dan kompetensi kerja,

3) Keterampilan dan

4) Manajerial.

Keempat kerangka tersebut memiliki dasar yang menekankan pada pengetahuan dasar, pengetahuan dan kompetensi teknis, dan soft skill.

Daftar Learning Outcome:

Kompetensi Lulusan Prodi S1 Teknik Lingkungan dan Learning Outcomes

KompetensiExpected Learning OutcomesSpecific Competency/ Learning Outcome
Kemampuan KerjaMampu merancang dan melaksanakan studi suatu sistem atau proses berdasarkan prinsip rekayasa (engineering) pada pengelolaan lingkungan untuk melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan.
Mampu mengidentifikasi, memformulasi,, dan merancang (disain) sistem penyediaan air minum dan pengolahan air minum serta drainase dan sanitasi secara teknis dan praktikal.Mampu menyusun laporan teknik hasil kajian bidang teknik lingkungan
Mampu merancang suatu sistem atau proses berdasarkan prinsip teknik lingkunganMampu melaksanakan studi kajian suatu sistem atau proses berdasarkan prinsip teknik lingkunganMampu memanfaatkan teknologi modern dalam pengendalian dan pemulihan pencemaran untuk perlindungan kesehatan masyarakat dan lingkungan.Mampu memanfaatkan teknologi modern dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan dan pemulihan pencemaran air, udara, tanah dengan pendekatan sistem secara terintegrasi (AMDAL)Mampu memanfaatkan instrumen rekayasa ketenikan, sain rekayasa, perancangan rekayasa lingkungan, dan sistem pengelolaan lingkungan.Mampu memanfaatkan instrumen modern dalam melaksanakan teknik rekayasan lingkungan dan peluang di dunia kerja dan wirausaha
Penguasaan PengetahuanMenguasai konsep teoritis mengenai prinsip-prinsip dasar aplikasi matematika rekayasa dan sains alam dalam bidang keteknikanMenguasai prinsip dan metode teknis dalam proses pencegahan dan pemulihan pencemaran lingkungan untuk perlindungan kesehatan masyarakat dan lingkungan  Menguasai konsep teorities mengenai prinsip-prinsip dasar aplikasi mateatika rekayasan= dan sains alam dalam bidang keteknikanMenguasai konsep teoritis mengenai prinsip rekayasa keteknikan (fundamental engineering), sains rekayasa, perancangan rekayasa lingkungan, dan sistem pengelolaan lingkunganMenguasai konsep proses pencegahan dan pemulihan pencemaran lingkungan untuk perlindungan kesehatan masyarakat dan lingkunganMenguasai prinsip dasar teknologi pengendalian dan pemulihan pencemaran untuk perlindungan kesehatan masyarakat dan lingkunganMenguasai prinsip pengelolaan lingkungan baik pengendalian maupun pemulihan pencemaran air, udara, tanah dengan pendekatan sistem secara terintegrasi yang meliputi aspek ekonomi, sosial, serta ekologi secara umumMemahami konsep teoritis mengenai bahaya, resiko, dan dampak akibat kerja secara mendalam beserta analisisnya terkait keselamatan dan kesehatan pekerja dan masyarakat.Menguasai prinsip dasar modern tools engineering yang terkait dengan teknik rekayasa lingkungan dan peluang di dunia kerja dan wirausaha.
Penguasaan ManajerialMampu bekerjasama dengan ahli bidang lain dalam sebuah tim kerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri serta dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta memiliki kepekaan sosial peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri dan secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat bidang teknik lingkungan atau masyarakat umumMampu bekerjasama dengan para ahli bidang lainBertanggungjawab pada pekerjaan secara mandiriDapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasiMampu memberikan alternative solusiMemiliki sikap kepemimpinanMemiliki kreatifitas dalam memberikan alternatif solusiMampu berkomunikasi baik lisan dan tulisan