Sejarah

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNSIKA mulai dirintis pendiriannya pada tahun 2018. Berdasarkan survey kepada pihak Industri, Instansi Pemerintah di Karawang bahwa ahli lingkungan masih sangat dibutuhkan dengan spesifikasi bidang keahlian Santitasi Lingkungan, Manajemen Teknologi Lingkungan, Rekayasa Proses dan Teknologi Lingkungan serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Usulan pendirian Program Studi Teknik Lingkungan disetujui dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 187/M/2020 pada tanggal 30 Januari 2020.

Pendirian Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNSIKA merupakan salah satu bentuk respon atas kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup khususnya ketika mengamati perkembangan Kota Karawang sebagai kota industri terbesar di Indonesia. Adanya kebutuhan tenaga lingkungan professional  yang mampu menangani permasalahan wilayah masih cukup besar, sehingga peluang bagi lulusan untuk mengisi pasar kerja di bidang Teknik Lingkungan masih sangat terbuka. Bidang yang diperlukan dalam mengisi berbagai institusi seperti Perindustrian, Konsultan, Kontraktor, Kesehatan, PNS, Perbankan, Perdagangan, Pendidikan dan sebagainya.

Program studi Teknik Lingkungan menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang strata satu (S1-sarjana). Berinduk di bawah Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Lingkungan mulai menerima mahasiswa baru pada bulan September 2020. Sekarang ini Program Studi Teknik Lingkungan memasuki babak awal angkatan pertama dan akan membina mahasiswa sebanyak 60 mahasiswa atau sekitar 2 kelas.